بِسۡمِ ٱللَّهِ ٱلرَّحۡمَٰنِ ٱلرَّحِيم

Dari Muhammad bin Syu’aib dan Said bin Abdil Aziz berkata, “Pada masa pemerintahan Mu’awiyah terjadi kemarau panjang. Mu’awiyah keluar untuk shalat Istisqa’ bersama masyarakat. Ketika mereka tiba di tempat yang akan digunakan untuk shalat Istisqa’, Mu’awiyah berkata kepada Abu Muslim, ‘Bukankah engkau mengetahui apa yang dikehendaki masyarakat ini??’

Abu Muslim menjawab, ‘Mungkinkah aku melakukannya sementara aku mempunyai banyak kekurangan.’

Kemudian beliau bangkit, di atas kepalanya beliau memakai sejenis tutup kepala. Lalu tutup kepala itu dibuka, selanjutnya beliau mengangkat kedua tangannya seraya berdoa, ‘Ya Allah, sesungguhnya hanya kepadaMu-lah kami meminta hujan. Aku datang menghadapMu dengan segenap dosaku. Janganlah Engkau tolak permohonanku ini.’ Maka sebelum orang-orang beranjak pergi, hujan pun turun.

Abu Muslim bermunajat, ‘Ya Allah, sesungguhnya Mu’awiyah telah mengangkatku ke posisi yang sarat dengan sum’ah (perbuatan yang dilakukan dengan maksud agar orang lain mendengar/ tahu, pent.). Sekiranya terdapat satu kebaikan pada diriku, maka terimalah aku di sisimu (wafatkanlah aku).”

Peristiwa itu terjadi pada hari kamis. Dan pada hari kamis berikutnya Abu muslim meninggal dunia.” (Az-Zuhd, karya Imam Ahmad, hal 392.)

Sumber: 99 Kisah Orang Shalih / alsofwah.or.id

Semoga Bermamfaat, @wallahu ‘alam bihsowab…

Related Post

BAGIKAN
Berita sebelumyaAbdullah bin Haram Dinaungi Oleh Malaikat
Berita berikutnyaMenikah Hanya Dengan Mahar Dua Dirham
Assalamu Alaikum... Selamat Datang di Website Belajar Islam.Or.Id merupakan website islami yang fokus kepada Ilmu-ilmu syar'i (Aqidah, Akhlak, Fiqih, Kisah, Al-Qur'an, Hadits dll) yang bersumber dari Al-Qur'an dan Sunnah Rasulullah serta pemahaman salafu sholeh. Dengan Visi (Menebar Dakwah dengan Al-Qur'an dan Sunnah). Semoga kita bisa mengambil faedah dari artikel belajarislam.or.id. Masukan dan saran kepada kami  bisa melalui. Email: belajarislammedia@gmail.com atau No.Hp : +6285254757734

LEAVE A REPLY